pengertian dan macam-macam hardware komputer

18 Jenis Perangkat Keras Komputer, Fungsi Dan Kegunaannya

Diposting pada

Perangkat keras pada komputer atau yang sering di sebut dengan hardware merupakan suatu perangkat yang dapat dilihat maupun dipegang secara fisik. Pengertian perangkat keras komputer sendiri jika dilihat secara fungsi ialah sebagai alat untuk menjalankannya suatu program pada komputer berdasarkan fungsinya masing-masing.

Secara pengertian tentu beda dengan pengertian perangkat lunak (software), kalau software bisa dilihat fisiknya dan dijalankan, namun tidak bisa disentuh secara fisik. Jadi itu dia sedikit dari pengertiannya dan perbedaan dari hardware dengan software.

Perlu diketahui, jenis perangkat keras/hardware sendiri tentu tidak hanya terdapat didalam komputer, namun terdapat juga hardware pendukung dari luar perangkat komputer yang dihubungkan pada komputer yang mana fungsinya untuk menjalankan berbagai program di dalam komputer tersebut.

kira-kira perangkat apa saja ya yang terdapat di dalam maupun diluar komputer yang paling umum digunakan? nah di artikel kali ini, sesuai judulnya, admin nyantaidulu.com akan publish mengenai jenis perangkat komputer beserta fungsi maupun kegunaannya dari masing-masing perangkat tersebut.

Lihat artikel lainnya juga :

Daftar Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

daftar perangkat keras komputer

Di bawah ini, admin hanya memposting 18 perangkat keras. Tentu itu belum semua,karena masih ada perangkat lain yang belum disebutkan di bawah, namun dari 18 perangkat tersebut merupakan perangkat yang paling penting dan harus ada pada komputer atau juga perangkat yang umum digunakan untuk input/output.

1. Processor / CPU (Central Processing Unit)

processor hardware

Perangkat keras dengan nama Processor/CPU ini merupakan perangkat yang paling penting dan sudah seharusnya ada pada komputer, karena processor merupakan otak dari sebuah komputer yang kalian jalankan untuk memberikan perintah berjalannya suatu program.

Processor terpasang pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting pada Processor/CPU yang perlu kalian tahu, bagian tersebut di antaranya ialah :

  • ALU (Arithmatics Logical Unit) : fungsinya sendiri sebagai pelaku untuk semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi dari program yang dijalankan.
  • CU (Control Unit) : bagian ini berfungsi untuk mengatur input maupun output suatu data pada komputer.
  • MU (Memory Unit) : bagian ini berperan sebagai alat untuk menyimpan data.

2. Heatsink / PC Cooler

heatsink hardware

Selanjutnya ada Heatsink / PC Cooler. Fungsi utama dari hardware yang satu ini bisa juga dikatakan sebagai support more hardware atau yang akan menolong hardware lainnya karena, Heatsink akan mengurangi panas pada suatu komputer entah itu pc atau laptop.

Heatsink wajib terpasang di atas Processor dan diberikan pasta atau gel agar dapat terpasang dengan baik. Umumnya perangkat ini berbahan alumunium dan dilengkapi kipas agar dapat mempercepat proses pendinginan pada hardware komputer.

Jika kalian seorang yang aktif dalam menggunakan komputer, tentu kalian sering mendapati panas pada komputer, itupun terkadang sudah dipasangi Heatsink, bayangkan saja bagaimana panas yang akan dihasilkan jika Heatsink tidak terpasang? , ya tentunya hardware akan cepat rusak dong.

Mengingat processor merupakan inti atau otak dari sebuah komputer, tentu jadi alasan yang tepat mengapa heatsink dipasangkan di atas processor.

3. VGA Card (Video Graphic Adapter)

vga card hardware

Perangkat yang selanjutnya ini ialah merupakan suatu perangkat yang mengurusi atau mengolah data bagian grafik yang akan ditampilkan pada monitor secara visual. Melihat dari namanya saja tentu VGA akan sangat berguna, khususnya kalau kalian seorang kreator maupun seorang gamers sekalipun.

Di bagian VGA terdapat pula processor yang dinamakan dengan GPU (Graphic Processing Unit), dari namanya saja tentu kita sudah bisa menebak kegunaannya, yap tentunya yang mengatur proses grafik seperti yang sudah admin sebutkan di atas.

Wajib kalian tau, kalau VGA sendiri terdapat beberapa jenisnya, ya walaupun ada beberapa yang sudah jarang digunakan bahkan sudah ditinggalkan. Pada masing-masing jenis tersebut, itu bergantung pada slot yang telah disediakan oleh motherboard. Vga-vga tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

  • VGA ISA : pada VGA jenis ISA sendiri digunakan oleh motherboard lama dengan kapasitasnya yang sangat kecil dan juga kecepatannya yang amat lambat. Tampilan yang dihasilkan pun sangat terbatas, sehingga di era sekarang ini, versi ISA sudah ditinggalkan.
  • VGA EISA : nasibnya sendiri mirip dengan jenis ISA dan spesifikasinya tidak jauh beda. Jenis dari EISA pun sudah ditinggalkan dikarenakan mengingat komputer sekarang yang memerlukan spesifikasi lebih kencang.
  • VGA PCI : ini merupakan VGA keluaran yang lebih baik dari ISA dan EISA, namun jika kalian pengguna komputer masa kini, jenis PCI sudah banyak ditinggalkan, mengingat kembali spek komputer sekarang yang bisa dibilang lebih gahar.
  • VGA AGP : jenis dari AGP sendiri memiliki spesifikasi yang sudah cukup besar dan kecepatan transfer datanya lebih baik ketimbang yang sebelumnya. VGA AGP untuk sekarang ini umumnya dipasang pada komputer low end atau spek jaman sekarang bisa dibilang rendah.
  • VGA PCI Express : banyak digunakan pada komputer jaman sekarang yang memiliki spesifikasi tinggi, karena kecepatan transfer data pada jenis PCI Express sendiri sangat jauh lebih kencang di banding jenis-jenis di atas.

4. RAM (Random Acces Memory)

ram hardware komputer

Perangkat yang satu ini tentu untuk zaman sekarang sudah banyak kita dengar. Ram sendiri adalah perangkat penyimpanan sementara yang artinya hanya untuk menjalankan data suatu aplikasi sementara yang diperintahkan oleh processor, data tersebut bisa hilang dari RAM kalau komputer dalam keadaan mati.

Selain dari pada itu, RAM akan tetap menyimpan data aplikasi yang dijalankan tersebut ketika PC/Laptop kalian dalam keadaan sleep atau tidur.

5. Hard Disk (HDD)

hdd harddisk hardware komputer

Cara kerja atau fungsi dari Hard Disk sendiri ialah untuk menyimpan data secara sekunder atau bahasa mudahnya secara permanen, seperti kalian menyimpan foto, musik, video ataupun data-data lainnya. Apa yang kalian simpan pada HDD akan hilang ketika kalian mengahusnya saja.

Tentu secara fungsi memang berbeda dengan RAM, kalau RAM hanya menyimpan data secara sementara, artinya, akan hilang ketika komputer dimatikan, dan untuk HDD, data yang kalian simpan akan tetap ada meskipun komputer sudah dimatikan sekalipun.

6. SSD (Solid State Drive)

ssd hardware komputer pc

SSD merupakan perangkat terbaru atau inovasi setelah HDD. Untuk fungsinya sendiri pun sama dengan HDD, namun, SSD memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi/cepat, dan tidak mudah panas, namun untuk harganya sendiri lebih mahal ketimbang HDD walaupun dalam ukuran atau kapasitas penyimpanan yang sama.

7. Optical Drive

optical drive hardware komputer

Optical Drive adalah satu perangkat keras yang memungkinkan untuk membaca maupun menulis data dalam bentuk kepingan cd/dvd. Beberapa jenis Optical Drive di antaranya ialah :

  • CD-ROM (compact Disc-Read Only Memory), digunakan hanya sekedar untuk membaca data pada cd.
  • CD-RW (Compact Disc-ReWritable), merupakan juga CD-ROM namun dapat ditulis kembali.
  • DVD-ROM (Digital Video Disk-Read Only Memory), secara fungsi bisa dikatakan sama saja dengan CD-ROM, namun DVD-ROM bisa membaca data dari CD-ROM juga.
  • DVD Combo , bisa membaca keping data DVD-ROM maupun CD-ROM, bahkan bisa juga menulis data dari keping CD namun tidak bisa untuk DVD.
  • DVD-RW (Digital Video Disk-Rewrite), bisa membaca keping DVD-ROM ataupun CD-ROM, selain itu juga bisa menulis data/menyimpan data DVD ataupun juga CD.

8. Sound Card

sound card hardware komputer

Seperti dilihat dari namanya yaitu sound card yang artinya kartu suara. Perangkat keras yang satu ini berguna sebagai pengolah data berupa audio/suara pada komputer. Terdapat 3 jenis Sound Card apabila kita menengok dari cara pemasangannya. Di antara 3 jenis tersebut ialah :

  • Sound Card Onboard : terpasang dengan cara menempel langsung dengan motherboard.
  • Sound Card Offboard : pemasangannya sendiri melalui slot PCI/ISA pada motherboard.
  • Sound Card External : dipasangkan melalui port usb external.

9. Land Card/NIC (Network Interface Card)

lan card hardware komputer

Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan suatu komputer kedalam jaringan internet maupun pada jaringan lokal.

10. Motherboard

motherboard hardware komputer

Merupakan papan induk yang akan menampung perangkat keras di atas seperti processor, ram dan perangkat di atas lainnya. Ini merupakan perangkat yang sangat penting dan harus ada, karena seperti yang sudah admin sebutkan di atas, ayitu untuk menaruhnya perangkat keras di atas.

11. Power Supply / PSU

power supply psu hardware komputer

Ini merupakan perangkat yang berfungsi memberikan aliran daya seperti arus listrik pada perangkat keras di dalam komputer seperti motherboard dll. Melihat dari fungsinya tersebut, tentu PSU atau Power Supply merupakan perangkat yang sangat intim.

12. Monitor

monitor hardware komputer

Fungsi utama Monitor ialah, sebagai output atau untuk menampilkan data dalam bentuk grafis berdasarkan resolusi atau jumlah pixel yang akan  ditampilkan oleh monitor.

13. Keyboard (Papan Ketik)

keyboard pc hardware komputer

Perangkat yang akan berperan untuk menginputkan suatu data berupa tulisan yang diketikkan melalui keyboard, tulisan yang akan dihasilkan umumnya huruf, angka, simbol adapun pada sebuah komputer, tombol dari keyboard digunakan sebagai sorcut atau sebuah jalan pintas untuk menjalankan suatu program komputer.

14. Mouse

mouse hardware komputer

Fungsinya sendiri mirip dengan keyboar, yaitu sebagai media input data. Adapun secara umum, mouse berfungsi sebagai penggerak kursor, konfirmasi pada suatu pemilihan di dalam komputer. Sekarang ini terdapat dua jenis mouse, yaitu mouse external (Menggunakan kabel) dan juga mouse wireless (tanpa kabel).

15. Speaker

speaker hardware komputer

Speker berfungsi untuk mengeluarkan hasil data berupa suara. Pada komputer sendiri, berjalan nya speaker didukung oleh perangkat keras bernama Sound Card, seperti yang sudah admin tulis di atas.

16. Webcam

webcam hardware komputer

Pada sebuah rakitan pc biasanya tidak terdapat langsung webcam pada monitornya, jadi monitor akan dipasangkan secara extrernal pada sebuah pc. Kalau untuk laptop biasanya sudah ada Webcam yang terpasang di monitornya. Kegunaanya sendiri tentu untuk merekam objek yang berada pada cakupan webcam tersebut.

17. Microphone

microphone hardware komputer

Digunakan untuk menerima data berupa suara yang kemudian di olah oleh komputer menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami maupun di proses oleh komputer.

18. UPS (Uninterruptible Power Supply)

speaker hardware komputer

Perangkat keras UPS biasa digunakan untuk menyimpan arus listrik. Fungsinya sendiri, biasanya jika terjadi pemadaman listrik, komputer/pc tidak langsung mati, alias akan tetap menyala, karena menerima supplay daya listrik dari UPS yang telah menyimpan daya listrik.

Itu dia kawan-kawan, 18 perangkat keras komputer yang harus ada dan wajib kalian tahu. Sebenarnya pada perangkat di atas tersebut bisa kalian gunakan sebagai refrensi buat kalian yang ingin merakit PC.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *