pengertian dan cara kerja bandwidth

Pengertian Bandwidth, Fungsi Beserta Cara Kerjanya Di Bahas Tuntas

Diposting pada

Di era seperti sekarang ini, pengguna internet tentu sudah sangat banyak tersebar luas baik itu di kota maupun di pedesaan sekali pun, hal tersebut terjadi karena kemajuan zaman dan teknologinya sampai saat ini.

Seperti halnya jaringan internet maupun komputer yang sudah banyak tersebar luas seperti kacang, entah itu wifi maupun dengan kuota sekalipun yang mana untuk dapat mengaksesnya sekarang ini sangat mudah sekali.

Terlebih dengan adanya device yang mudah didapat dengan harga yang relatif murah, seperti smartphone dan device lain, karena jika dahulu kita tau pengakses jaringan internet banyak kita jumpai dengan menggunakan pc/laptop, namun tidak untuk sekarang ini.

Menyangkut hal tersebut, tentunya artikel kali ini yang membahas tentang pengertian bandwidth sangat erat kaitannya dengan jaringan internet maupun komputer, di karenakan ini menyangkut mengenai kecepatan transmisi data yang dilakukan.

Bagi teman-teman yang sedang belajar seputar jaringan internet atau komputer, admin nyantaidulu.com mengharapkan pada pembahasan kali ini dapat menambah ilmu atau wawasan kalian di bidang tersebut karena admin tidak hanya membahas pengertiannya saja, melainkan juga fungsi maupun cara kerja bandwidth akan di bahas secara lengkap.

Cek artikel tentang jaringan yang lainnya :

Pengertian Bandwidth

 

Umumnya, bandwidht merupakan istilah yang digunakan dalam suatu nilai data yang digunakan ketika mentransfer suatu data pada komputer yang dilakukan antara komputer client dengan komputer server pada waktu terntentu yang telah di tentukan, Pada proses tersebut, biasanya dihitung dalam satuan bit per second (bps).

Istilah bandwidth pada sebuah jaringan komputer merupakan besar dan kecilnya kecepatan data yang akan di transfer atau di transmisikan dari komputer satu ke komputer lainnya yang artinya, semakin besar ukuran bandwidth nya maka akan semakin besar nilai kecepatan transfer / transmisi datanya dan begitupun sebaliknya.

Fungsi Dan Cara Kerja Bandwidth

Dari apa yang di bahas pada pengertiannya, disitu kalian sudah dapat mengetahui fungsi dasar dari sebuah bandwidth, namun ada 3 fungsi lagi yang lebih kompleks yang perlu kalian ketahui di bawah ini dan juga untuk cara kerja bandwidth itu sendiri.

1. Sebagai Media Transfer Data

Fungsi utama bandwidth ialah untuk mentransfer data, sebagai contoh pada sistem jaringan lan, di situ tentu menggunakan kabel lan untuk menghubungkan jaringan dengan komputer yang digunakan dan pada kabel tersebutlah terjadi pengiriman data.

2. Untuk Membatasi Kecepatan Trasfer Data

Pada fungsi ini biasanya dilakukan oleh admin sebuah jaringan yang mana ketika ada salah satu komputer yang membutuhkan bandwidth yang cukup banyak, maka komputer lain harus di kurangi kecepatan transfer datanya atau dengan istilah lain ialah di limit/dibatasi.

3. Limit Volume Data

Di bagian fungsi ini, pengguna hanya di berikan batasatan data yang digunakan dalam waktu tertentu, semisal kalian diberikan data 3gb perminggunya, berapapun perangkat yang menggunakan data tersebut itu tidak berpengaruh terhadap kecepatan, melainkan pemakaian tidak bisa melebihi dari data yang di tentukan tersebut.

Nah teman-teman sekalian, jadi itu di pembahasan seputar pengertian bandwidth beserta fungsinya maupun cara kerjanya yang bisa admin jelaskan secara sederhana.

Perlu kalian ketahui lagi kalau bandwidth bukanlah satu-satunya faktor kinerja pada suatu jaringan karena masih ada faktor lainnya yang berperan penting pada kinerja jaringan seperti latency dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung kembali di nyantaidulu.com karena akan ada banyak artikel menarik lainnya yang membahas seputar pengetahuan teknologi.

Like FP Kami Yah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *