pengertian processor

Pengertian Dan Cara Kerja Processor Maupun Fungsinya

Diposting pada

Di era milenial ini, rasanya akan terkesan canggung sekali apabila terlalu gaptek masalah teknologi ya guys. Terutama untuk anak muda jaman now, mempunyai sebuah komputer, entah itu berupa ponsel maupun sampai pc ataupun laptop sekalipun, seolah sudah jadi hal yang sangat umum.

Berkembang pesatnya sebuah teknologi membuat banyak sekali di bangku sekolahan yang menyediakan pembelajaran mengenai teknologi itu sendiri, dan buat kalian yang mungkin sedang mencari artikel mengenai apa itu processor, admin rasa artikel ini akan sangat cocok untuk kalian simak.

Perlu kalian tahu, artikel kali ini bukan semata hanya ditunjukkan pada seorang pelajar saja, melainkan untuk yang sudah tidak di bangku sekolah sekalipun, karena ada hal yang mungkin bisa kalian ambil untuk kebutuhan kalian dalam membuild sebuah pc ataupun kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai processor.

Berikut di bawah ini adalah pengertian dan cara kerja processor yang bisa kalian simak dengan baik. Adapun penjelasan mengenai fungsi dari processor itu sendiri yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk bacaan kali ini. Selamat menyimak guys.

Jangan lupa baca ini juga guys :

Pengertian Processor

cara kerja processor

Secara umum, poengertian processor adalah sebuah perangkat keras yang di sebut sebagai otak dari sebuah komputer, entah itu smartphone maupun pc/laptop. Memegang peranan penting pada sebuah komputer, atau bisa disebut juga sebagai intim dari perangkat komputer yang sangat fatal bila terjadi kerusakan.

Processor dapat melakukan proses manajemen arus data dengan cepat menggunakan suatu rumus perhitungan yang terbilang sangat kompleks. Di samping itu, pada saat pengolahan data, processor dibantu dengan perangkat keras bernama RAM. Buat kalian yang belum tau apa itu ram, admin sudah tulis di artikel sebelumnya.

Penting untuk kalian ketahui, bahwasanya processor sendiri terdiri dari beberapa jenisnya, setiap jenis processor memiliki bentuk yang berbeda, khususnya untuk slot socket yang telah disediakan pada motherboar (papan tempat processor terpasang).

Ketika kalian hendak membuild sebuah pc, pastikan kalian membeli motherboard dan processor yang cocok ketika dipasangkan, karena seperti yang sudah admin sebutkan di atas, ada beberapa jenis processor dengan bentuk yang berbeda berdasarkan socket dari motherboard nya.

3 Bagian Penting Processor

  • ALU (Aritmetik Logical Unit) : sesuai namanya, ini merupakan salah satu bagian pada processor yang bertugas sebagai penghitung aritmatika dengan kode program yang telah ditulis dan dijalankan.
  • CU (Control Unit) : fungsi dari CU sendiri ialah untuk melakukan kendali seperti input maupun output data.
  • MU (Memory Unit) : bertugas untuk menyimpan cache atau bahasa mudahnya, tempat penyimpanan kecil dari input maupun output data yang diterima processor.

Fungsi Dan Cara Kerja Processor

Untuk cara kerja processor maupun fungsinya sendiri jika kita tau sangatlah keren sekali. Perangkat keras yang disebut sebagai otak dari komputer tersebut mampu memproses memproses data yang masuk ataupun keluar dengan kecepatan yang sangat besar, bisa sampai di kisaran angka 400 Ghz (gigahertz).

Kecepatan dengan angka yang sudah admin sebutkan di atas tentunya banyak dipakai oleh para gamers ataupun pengembang dari software tersebut, alasannya tentu sangat jelas agar lebih cepat dalam memproses data yang ada pada software tersebut.

Seperti kita tau, game ataupun software zaman sekarang ini memiliki banyak fitur yang lebih modern dan pastinya lebih berat pula, maka dari itu buat kalian yang ingin bekerja dengan lebih cepat pastikan kalian memilih komputer dengan spesifikasi yang lumayan untuk kecepatannya agar proses input output data menjadi lebih cepat.

Perlu kalian tahu, dalam bekerjanya sebuah processor, disitu ia tidak bekerja sendiri alias harus dibantu dengan hardware lain, dalam hal ini kita akan merujuk pada ram (random acces memory). Ram sendiri akan berperan sebagai penjebatan data antara harddisk dengan processor agar prosesnya lebih cepat.

Nah guys, untuk artikel kali ini yang membahas mengenai pengertian processor admin rasa cukup itu saja. Jika dirasa ada yang ingin di tanyakan, kalian bisa tinggalkan di kolom komentar di bawah untuk berdiskusi atau belajar bareng. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih untuk kunjungannya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *