jaringan komputer

Pengertian & Sejarah Jaringan Komputer Lengkap Dengan Perkembangannya

Diposting pada

Hai sahabat Nyantaidulu.com .. di hari yang semakin baik ini tentunya admin akan berbagi mengenai seputar pengetahuan mengenai jaringan komputer. Akan di ulas mulai dari pengertiannya maupun juga dari sudut sejarah jaringan komputer yang akan di bahas secara lengkap dengan perkembangannya, ya tentu seperti kalian tau sob bahwasanya sampai saat ini teknologi seperti komputer memang berkembang sangat pesat, selain dapat memudahkan kalian dalam bekerja atau melakukan pertukaran data seperti melakukan chating/komunikasi atau pun share pengetahuan kalian dan tentunya seperti yang saat ini admin tulis dan bisa di bagikan ke kalian semua tentunya menggunakan jaringan internet komputer loh. Sambil bersantai langsung saja kita simak langsung yuk seperti apa sejarah maupun perkembangannya .

 

 Apa Itu Jaringan Internet Komputer ?

pengertian jaringan komputer

Jaringan atau yang terkadang orang bisa juga menyebutnya dengan Network merupakan suatu alat untuk komunikasi antara dua atau lebih suatu komputer yang terhubung dari satu titik Nodes . Dari masing-masing Nodes yang ada akan berfungsi sebagai Workstation atau yang artinya Stasiun Kerja. Masing-masing dari Nodes tersebut memiliki kartu jaringan / network card yang dihubungkan melalui seperangkat kabel atau pun nirkabel yang akan berfungsi sebagai transmisi medium data dan disitu pula terdapat sebuah aplikasi perangkat lunak sistem operasi jaringan yang akan membentuk suatu jaringan internet komputer sederhana.

Penjelasan mengenai pengertian di atas tersebut masih terbilang sederhana atau lingkup kecilnya, nah di situ tentu masih bisa di buat untuk yang lebih luas lagi kawan , terutama dalam segi jangkauan, agar jaringan dapat semakin luas maka di perlukan hardware jaringan seperti (Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway).

Dalam suatu jaringan komputer terdapat istilah yang di sebut dengan Client dan juga Server. Client disini disebut sebagai user atau bahasa sederhananya adalah pengguna, ya seperti kita tau bahwasanya kita sebagai pengguna tentu kita dapat menyebut diri kita sebagai User/Client. Untuk server sendiri merupakan pengirim data atau titik utama yang akan memberikan layanan jaringan dimana kita menggunakan jaringan komputer tersebut.

 Tahukah kalian kawan bahwa jika kita melihat sudut pandang dari fungsinya ternyata ada dua jenis jaringan komputer yang harus kalian tahu, berikut penjelasan lebih lanjutnya :

1.Client-Server

client server computer

Sebelumnya pun ini sudah admin bahas sedikit di atas, namun untuk penjelasan ini admin akan menyebutkan untuk lebih spesifiknya lagi agar kalian dapatkan penjelasan lebih jelasnya lagi. Untuk Client-server sendiri tentu di sini akan admin ibaratkan saja, nah semisal kalian punya lima komputer di rumah kalian, salah satu dari komputer tersebut ada yang akan berperan sebagai server atau induk jaringannya dan yang empat tadi akan berperan sebagai client/user.

2.Peer-To-Peer

peer to peer jaringan komputer

Sistem jaringan jenis Peer To Peer ini tentu sangat beda kawan dengan Client-Server dimana dijelaskan kalau pada sistim Peer To Peer ini semua komputer seolah mempunyai kasta atau kedudukan yang sama karena bisa jadi komputer server pun bisa saja berperan sebagai client dan begitupun sebaliknya.

Tips menarik :

Sejarah Jaringan Komputer Dan Perkembangannya

sejarah jaringan komputer lengkap

Nah di atas kalian sudah membaca tentang dasar dari pengertian pada jaringan komputer dan selanjutnya buat kalian yang penasaran dengan sejarah suatu jaringan komputer dan juga perkembangannya hingga bisa seperti sekarang ini berikut admin berikan penjabarannya yang mudah-mudahan memang dapat menambah wawasan kalian dalam dunia informasi dan teknologi.

Kalau kita melihat seperti sekarang ini mungkin sudah cukup lama sekali jaringan komputer ada. Sejarah pada sebuah jaringan komputer di mulai dari lahirnya konsep suatu jaringan komputer yang kurang lebihnya sekitar tahun 1940 di negara Amerika. Suatu ide atau gagasan ini muncul dari sebuah proyek pengembang Komputer Model I di sebuah laboraturium Bell dan juga grup riset Havard Univercity dimana pada proyek ini di pimpin oleh profesor yang sangat cerdas bernama Howard Aiken.

Awalnya pada proyek tersebut hanya ingin memanfaatkan suatu perangkat komputer yang bisa bahkan harus dipakai bersama. Pada proses pengerjakan projek tersebut, agar tidak banyak membuang waktu kosong di buatlah suatu proses beruntun atau yang bisa di sebut juga sebagai (Batch Processing), sehingga beberapa program pun dapat berjalan dalam komputer untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Beranjak menuju tahun 1950-an kini komputer menjadi lebih berkembang lagi dan cukup mengesankan sampai tercipta teknologi baru yaitu Super Komputer, disitu pula komputer pun harus melayani lebih dari satu tempat yang tersedia atau bisa disebut dengan sistim (Terminal) dan pada saat itu juga di temukan suatu proses dalam konsep distribusi berdasarkan waktu atau yang dikenal sebagai sebutan nama TSS (Time Sharing System). Dari konsep tersebut menjadi kesan pertama kalinya bentuk jaringan komputer telah di aplikasikan. Dalam suatu sistem TSS komputer terhubung secara seri dalam jaringan HOST Komputer.

Dengan menggunakan proses TSS tersebut kini mulai terlihat suatu perpaduan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi yang awalnya berkembang secara sendiri-sendiri. Pada tahun 1969 diadakannya suatu riset yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa Komputer yang ada agar membentuk suatu jaringan komputer organik oleh Departemen Pertahanan Amerika (U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)), dalam proyek ini disebut dengan nama ARPANET. Seketika memasuki tahun 1970 ada sekitar 10 komputer yang telah berhasil terhubung dan siap untuk berkomunikasi/bertukar data melalui jaringan internet.

Fakta menarik pun jatuh pada tahun 1972 dimana pada saat itu program Email pun mulai di buat sekaligus disempurnakan dan berhasil langsung populer di tahun yang sama, developer atau pengembangnya sendiri adalah Roy Tomlinson . Selanjutnya memasuki tahun 1973 jaringan komputer dari ARPANET mulai bisa meluas diluar Amerika itu sendiri. Memasuki tahun yang sama juga (1973) kini ada dua ahli komputer bernama Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan atau memberikan gagasan yang lebih besar yang nantinya akan menjadi cikal bakal dari International Network. Ide / gagasan ini pertama kali di presentasikan di Universitas Sussex.

Hal mengesankan selanjutnya atau bisa dikatakan cukup bersejarah pun terjadi pada 26 Maret 1976, dikatakan cukup bersejarah karena saat itu Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat Elektronik (Email) Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. 1976 berlalu dan masuk di 1977 kini ada lebih dari 100 unit komputer yang bergabung dengan ARPANET untuk membentuk suatu Jaringan Komputer.

Selain hal di atas ternyata dalam hal pengembangan jaringan komputer ada yang menarik lagi kawan, seperti kalian tau sekarang ini kalian kan bisa melakukan video call, nah hal semacam ini ternyata pun sudah ada sejak dulu seiring berkembangnya jaringan komputer dibuatlah telepon televisi oleh France Telecom pada tahun 1981.

Oke lanjut untuk perkembangan jaringan di tahun 1982 dimana dibentuknya sistim Transmission Control Protocol (TCP) atau yang sekarang ini kita lebih banyak mengenalnya dengan sebutan IP (Internet Protokol), mengapa sistem ini kala itu di terapkan? ya seperti kalian tahu bahwasanya kala itu pun komputer mulai bertambah dengan semakin banyak yang membentuk suatu jaringan, maka dibutuhkan pula sebuah Protokol resmi yang dapat untuk di akui dan bahkan di terima oleh semua jaringan.

Berdampingan dengan kala tahun 1982 ada sebuah jaringan internet bernama EUNET yang menyediakan suatu jasa surat elektronik dan newgroup EUNET, ini berada di lingkup Eropa yang mana di sebut sebagai Europe Network (EUNET) yang meliputi sekitar Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.

Lanjut lagi perkembangan di tahun 1984 dimana saat itu di perkenalkannya Sistem Penamaan Domain (Domain Name System) atau yang kita kenali sekarang ini sebagai (DNS), sistem ini dibuat untuk menyatukan alamat pada jaringan komputer. Memasuki tahun 1987 jumlah pengguna jaringan komputer pun berkembang sangat pesat sekali sekitar 10.000 unit lebih penggunanya.

Terus berlanjut dengan berkembangnya komputer hingga memasuki tahun 1988, seorang yang berasal dari negara Finlandia yang bernama Jarkko Oikarinen menemukan sesuatu yang sangat mengesankan , seperti kalian tahu sekarang ini pastinya kalian sudah sering bukan melakukan chatting antar perangkat? ya penemuan tersebut disebut dengan Internet Relay Chat dan tidak hanya cukup sampai di situ saja kawan, memasuki tahun pertengahan 1990 pada kala itu bisa di bilang merupakan hari yang cukup sangat bersejarah juga karena telah di temukan nya suatu program yang bernama Waring Wera Wanua atau World Wide Web (www) dari tim Berners Lee yang seperti sekarang ini kalian tau program tersebut berguna sebagai penjelajah ke banyak server/komputer dengan membentuk jaringan.

Sejarah yang terakhir kita masuk pada tahun 1992 dimana pada saat itu memang sudah terdapat sangat banyak sekali komputer hingga lebih dari satu juta pengguna dan pada saat itu pula lah muncul suatu istilah yang sampai saat ini pun masih cukup populer yaitu Surfing (Menjelajah). Hingga masuk di tahun 1994 saat itu sudah cukup banyak situs yang bertebaran di internet kisaran 3000 halaman dan saat itu juga menjadi momen pertama kalinya melakukan belanja melalui media Internet atau yang disebut juga sebagai Virtual-Shopping/e-retail muncul di situs. Memasuki tahun yang sama juga saat itu situs pencari bernama Yahoo! pun telah berhasil di dirikan.

Nah buat teman-teman yang sudah membaca tentang pengertian dan juga sejarah komputer mungkin memang sangat terasa lelah ya matanya hehe, namun walaupun begitu paling tidak kalian sudah bisa mendapatkan suatu ilmu sejarah jaringan komputer dan mohon maaf kepada teman semua apabila dalam penulisan ada kata-kata admin yang kurang baik dan terimakasih juga teman-teman sudah mau berkunjung di sini dan jangan lupa untuk kembali berkunjung kembali karena akan ada lebih banyak lagi info-info menarik seputar komputer yang dapat kalian pelajari 🙂 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *