pengertian web server

Pengertian Web Server, Fungsi, Cara Kerja Web Server Dan Contohnya

Diposting pada

Belakangan semenjak banyak sekali rilis teknologi baru seperti handphone maupun smartphone, kini akses sebuah informasi semakin mudah untuk sebuah website. Jika sebelumnya website hanya banyak di akses dengan perangkat seperti komputer , kini dengan munculnya smartphone tentu lebih memudahkan ketika kita hendak mencari informasi yang ingin di dapatkan.

Namun di balik semua itu sudah tahukah sobat ketika melakukan sebuah akses website menggunakan aplikasi browser seperti firefox, chrome, bing maupun internet explorer aplikasi tersebut berperan sebagai apa? , untuk teman-teman yang sedang belajar seputar teknologi informasi tentu ini akan menjadi pembahasan yang tepat untuk kalian simak.

Seperti yang sudah admin janjikan melalui judul yang sudah admin buat pada artikel ini yaitu admin akan mengulas tentang pengertian web server, fungsi web server, cara kerja web server maupun contoh web server itu sendiri yang mana kalian bisa simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Artikel Ini Juga :

Pengertian Web Server

cara kerja web server

Pada pengertiannya web server sendiri merupakan aplikasi perangkat lunak (software) yang mana memiliki peran untuk memberikan suatu layanan berbasis data. Web server berfungsi sebagai penerima permintaan dari HTTP maupun HTTPS pada klien yang dikenal sebagai web browser seperti yang sudah admin sebutkan di atas sebelumnya yaitu di antaranya ialah (Chrome, Bing, Mozilla Firefox ataupun IE) dll.

Pada proses tersebut web server akan menerima permintaan yang dilakukan oleh klien yaitu dalam bentuk dokumen HTML (Hypertext Markup Language) atau kalau dalam bahasa pemrograman dikenal sebagai frontend website yang merupakan sebuah tampilan depan atau interface nya sebuah website.

Fungsi Web Server

Pada fungsinya, web server akan berfungsi untuk memproses berkas-berkas yang diminta oleh client yang mana pada proses selanjutnya server akan menanggapi permintaan tersebut seperti halnya berupa text, video, musik, gambar dan permintaan berkas lainnya.

Pada suatu prosesnya , dilakukan dengan melalui sebuah protokol (http/https) yang telah ditentukan dengan sedemikian rupa lalu ditampilkan dalam bentuk dokument html atau yang merupakan interface dari sebuah website yang di akses.

Cara Kerja Web Server

Server / web server yang akan melayani permintaan client, disitu terdapat sebuah protokol atau yang dikenal sebagai http (hypertext transfer protocol), protokol sendiri merupakan suatu wadah untuk sebuah aplikasi web yang hendak dijalankan untuk melayani suatu permintaan dari client.

Untuk cara kerjanya sendiri ialah , komputer yang memiliki sebuah browser (IE, Chrome, Bing dll) yang mana memiliki peran sebagai client. Browser akan mengirim suatu permintaan kepada web server lalu ketika alamat web atau ip yang dimasukkan sudah benar maka server akan mengirimkan kembali permintaan tersebut dan diproses oleh browser beberapa saat untuk menampilkan sebuah dokument yang diminta oleh client.

Contoh Web Server

Setelah membahas mengenai cara kerja web server , fungsi maupun pengertiannya tentu tidak lengkap kalau belum membahas mengenai contoh dari web server itu sendiri yang mana mungkin ini nanti bisa kalian terapkan jika kalian ingin mencoba membuat web dan servernya sendiri dengan aplikasi yang di antaranya :

1. Apache

Web Server Apache

Merupakan sebuah aplikasi web server yang mana pada software yang satu ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang juga sangat banyak digunakan oleh banyak perangkat karena selain free , apache web server sangat mudah pengoperasiannya dan selain itu juga apache dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

2. Nginx

Web Server Nginx

Nginx atau jika di baca ialah (N GIN X), ini merupakan salah satu aplikasi web server yang dapat menangani banyak pengunjung atau permintaan client. Meski kita tau bahwa apche merupakan perangkat yang sangat populer namun sayangnya dari apache sendiri tidak dapat menampung terlalu banyak traffic.

Tentunya dari Nginx sendiri dapat menjadi salah satu pilihan untuk kalian yang ingin mencoba membuat server , ini dikarenakan Nginx memiliki kelebihan seperti halnya performa server.

3. IIS (Internet Information Service)

Web Server IIS

Merupakan web server hasil rilisan dari microsoft yang mana ini lebih kompatibel digunakan pada platform windows. Namun sayangnya web server IIS sendiri bukan perangkat yang free melainkan salah satu perangkat yang berbayar dan kekurangan dari IIS sendiri memiliki sistem keamanan yang lebih rentan untuk di tembus.

4. Lighttpd

Web Server Lighttpd

Lighttpd merupakan web server yang yang dapat meningkatkan performa program PHP jauh lebih cepat dibandingkan dengan apache. Memiliki sistem keamanan yang sangat baik dan selain itu software yang satu ini juga memiliki sistem anti DDOS dan juga dapat mencegah terjadinya overload yang mana ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik.

Jadi kurang lebihnya seperti itu penjelasan mengenai web server dan adapun kalian punya pedapat atau pertanyaan bisa tuliskan di kolom komentar.

Like FP Kami Yah πŸ™‚

Gambar Gravatar
Hallo saya Rivan, saya sangat suka dengan hal-hal baru yang membuat penasaran. Hoby saya bermain game dan saya sangat suka dengan hewan kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *