Tips Dan Cara Mudah Mengamankan Flashdisk Dari Virus Berbahaya

Diposting pada

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sampai saat ini masih begitu banyak untuk pengguna komputer dan bahkan bukannya semakin berkurang malah semakin bertambah, nah dari situ pastinya di zaman yang memang semakin maju ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan si kecil yang terkadang menjadi teman yang sangat berguna sekali untuk menyimpan berbagai file seperti dokumen Word atau bahkan file media seperti video, foto, musik , file word dan  lain sebagainya, ya alat tersebut bernama Flashdisk yang menjadi primadona mungil menyimpan banyak file. Di balik kemudahan dan kepraktisan dari Flashdisk tersebut pastinya ada kelemahannya yaitu sering sekali di serang virus, emang bagaimana sih virus bisa menyerang flashdisk?, sebelumnya admin nyantaidulu akan jabarkan terlebih dahulu sedikit penjelasan mengapa flashdisk tersebut bisa terserang virus yang bahkan cukup berbahaya untuk perangkat pc / komputer yang kita gunakan.

melindungi flashdisk dari virus berbahaya

Penyebab Terinfeksi Virus Pada Flashdisk

Memang terkadang kita tidak menyadari kalau saat kita hendak meminjamkan Flashdisk ke teman atau pun ke saudara , seperti untuk keperluan meminta file yang tengah berada pada Flashdisk yang kita sering gunakan, nah masalah di sini yang memang sangat lumrah terjadi adalah ketika dimana komputer atau laptop yang di gunakan oleh peminjam tersebut kurang savety atau keamanannya sangat minim sehingga bisa di katakan virus pada komputer tersebut mungkin sudah ada walaupun tidak banyak sekali dan ketika telah selesai memakai flashdisk maka automatis/secara tidak sadar virus telah menular pada Flashdisk dan dari situlah Flashdisk telah berhasil terinfeksi Virus. Dari sini tentunya bisa dikatakan “emmm sumber penyakitnya dari situ ya..” , ya pastinya ada penyakit tentulah ada obatnya dong, nah mari simak langsung sedikit Tips Agar Flashdisk Tidak Terkena Virus.

Cara Melindungi Flashdisk Agar Aman Dari Virus

Kalau kalian punya data yang sangat berharga atau sangat berguna untuk kalian tentu tidak ingin bukan jika file hilang atau bahkan korup karena sudah terkena Virus. Cara mengatasi Flashdisk Agar Aman Dari Virus cukup simpel sebenarnya namun bagaimana kita perhatian terhadap Flashdisk tersebut.

Caranya sebagai berikut!! Jika kalian punya flashdisk yang baru dan ketika kalian sudah mengisi file-file penting, perhatikan selalu untuk komputer yang akan di tancapi flashdisk, apakah komputer tersebut aman alias tidak terinfeksi virus, dan tips selanjutnya ialah pastikan kalian tidak menyimpan file yang aneh-aneh seperti menyimpan software hasil download yang tidak terpercaya sehingga terkadang kita tidak tau apakah software tersebut aman. Ya itulah cara simpelnya dan selanjutnya kita akan masuk pada bagian dimana kita akan mengatasi flashdisk agar kebal dari virus melalui beberapa cara di bawah tersebut.

1.Melindungi Flashdisk Dengan Software Anti Virus

Cara pertama ini bisa di bilang cukup banyak yang menggunakannya, software anti virus yang dapat digunakan cukup banyak kok , seperti yang sangat populer adalah Smadav , Avast dan masih banyak lagi tentunya , namun dari admin sendiri menggunakan smadav dimana ketika kita mencolokkan Flashdisk kita hanya perlu melakukan scanning saja , tidak hanya Smadav kalian bisa memakai anti Virus lainnya, yang penting anti virus tersebut selalu ter update secara berkala .

2. Membuat Folder autorun.inf extension

Dengan cara ini kalian tidak perlu menggunakan software, tentu kalian ada yang bertanya mengapa menggunakan Folder bernama autorun yang memiliki extensi .inf , karena sebenarnya ketika kalian menancapkan flashdisk kalian ke laptop maupun ke komputer yang terkena Virus, di situ flashdisk kalian akan automatis membuat folder yang bernama autorun.inf yang nantinya didalam file tersebut akan dihinggapi yang namanya virus , mulai dari yang tingkat rendah samapai expert. Nah sampai sini mungkin kalian pun ada yang bertanya mengapa menggunakan folder tersebut sedangkan pada penjelasan folder tersebutlah yang akan di hinggapi virus.. metode ini tentunya jika dijelaskan yaitu karena ketika kita membuat file folder pada flashdisk bermana autorun.inf maka tidak akan di duplikat lagi khususnya oleh virus , seperti kita tau bahwa file yang memiliki nama dan extensi yang sama tidak akan di terima di perangkat. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lakukan step by step di bawah sebagai berikut.

  1. Ketika kalian menancapkan Flashdisk pada Komputer, terlebih dahulu lakukan scan agar tidak ada virus dari komputer yang menyebar.
  2. Di dalam Flashdisk kalian buat folder baru dengan nama autorun.inf
  3. Setelah itu kalian masuk pada folder autorun.inf lalu buat file dari notepad atau text editor kalian dengan nama misalnya “amankan.txt” yang penting extensinya (.txt).
  4. Selanjutnya kalian ubah nama file txt yang kalian buat dengan notepad tadi yaitu menggunakan karakter unik, yaitu dengan cara menggunakan charchter map, jika belum tau ini dia langkah untuk membuka aplikasi charachter map di windows : masuk START > ALL PROGRAMS > ACCESORIES > SYSTEM TOOLS > CHARACTER MAP.

Ya itu dia kawan seputar Cara Amankan Flashdisk Dari Virus yang mudah dan simpel, di sini admin sangat berterimakasih sekali atas berkunjungnya kalian di sini dan jangan lupa nantikan tips trik lainnya yang juga sangat bermanfaat untuk teman semua dan jika memang bermanfaat bisa kalian bantu share artikel ini agar bermanfaat juga buat teman kalian , jika ada pertanyaan kalian bisa langsung saja berkomentar agar admin dapat membantu kalian pada permasalahan ini.

Like FP Kami Yah 🙂

Gambar Gravatar
Hallo saya Rivan, saya sangat suka dengan hal-hal baru yang membuat penasaran. Hoby saya bermain game dan saya sangat suka dengan hewan kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *