YouTube Hilangkan Fitur Anotasi, Berikut Penyebabnya

Diposting pada

Hi gan, pada 15 januari 2019 kemarin YouTube secara resmi menghapus atau menghilangkan salah satu fiturnya yaitu Anotasi. Buat yang belum tau, anotasi adalah semacam close caption mirip seperti subtitle. Namun yang membedakan adalah, kalian bisa menanamkan link pada anotasi tersebut.

Pengumuman tersebut disampaikan secara resmi oleh pihak YouTube melalui YouTube Help Forum. Youtube memang sedang melakukan pembenahan dengan memperbarui fitur – fitur di youtube dan menghapus fitur lama seperti anotasi.

Jika kalian tau sebelumnya youtube sudah menghapus fitur lainya yaitu fitur video editor yang sebenarnya sangat penting. Namun pihak Youtube sendiri melakukan hal – hal berikut tentu untuk tujuan yang lebih baik, meskipun banyak pro dan contra yang terjadi setelahnya.

fitur anotasi youtube

Baca juga dong!

Penyebab YouTube Hapus Fitur Anotasi

Banyak yang bertanya, sebenarnya apa penyebab dan tujuan youtube menghapus fitur anotasi ini?. Penyebabnya tentu karena fitur anotasi tidak berfungsi di perangkat seluler. Seperti kalian tau, pengguna youtube terbesar di dunia adalah pengguna melalui seluler.

Pihak YouTube mengatakan “Lebih dari 70% pengguna youtube berasal dari seluler, dan jumlah itu terus bertambah. Karena fitur anotasi tidak bekerja di dekstop, maka kami memutuskan untuk menghilangkanya dan mengganti dengan fitur lain yang lebih efektif”.

Pengganti Fitur Anotasi

Messki fitur anotasi sudah resmi dihilangkan, namun pihak youtube menggantinya dengan fitur lain yang lebih efektif, yaitu kartu dan layar ahir. Kedua fitur ini mempunyai cara kerja yang sama dengan anotasi, bahkan lebih baik.

youtube fitur

Cara Mengaktifkan Fitur Layar Ahir Dan Kartu

  • Masuk ke Creator Studio
  • Pilih Pengola Video
  • Lalu Pilih Edit

Untuk fitur layar ahir akan muncul di 20 detik ahir video. Namun jika kartu bisa kalian sesuaikan sendiri menit kemunculanya dan akan tayang di pojok kanan atas video kalian.

Gimana gan, kalian setuju gak dengan adanya fitur pengganti anotasi? atau kalian masih menganggap fitur anotasi itu masih sangat penting, tulis di komentar ya. Kalau kalian suka dengan artikel ini jangan lupa juga untuk di share ke teman – teman kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *